Selasa, 11 September 2012

Animasi SMEK-BLASS

Animasi SMK Negeri 11 Surabaya
“ANIMASI”, pertama kali saya mendengar jurusan ini di SMK Negeri 11 Surabaya, dipikiran saya langsung terbayang dengan jurusan yang membuat film kartun. Jurusan Animasi di SMK Negeri 11 Surabaya tahun 2010 telah membuka pagu sebanyak 89 siswa, dan semuanya dapat terpenuhi. Tahun 2010 kemaren untuk danem terendah jurusan Animasi adalah 32,85, sedangkan tertingginya kira-kira mencapai 36,00. Tidak mudah untuk masuk di jurusan Animasi SMK Negeri 11 Surabaya ini.  Jurusan Animasi pertama di Surabaya adalah di SMK Negeri 11 Surabaya ini.
Sedikit berbagi pengalaman dari saya bersekolah di jurusan Animasi SMK Negeri 11 Surabaya ini. Dikelas satu atau X (sepuluh), saya diajari dasar pertama sebelum membuat animasi. Ada lima mata pelajaran inti produktif di jurusan ini di kelas X, yaitu SKETSA, Prinsip Animasi, Komputer Animasi, Gambar Bentuk/Teknik, dan terakhir Wawasan Animasi. Dari kelima itu yang paling penting dan pokok adalah pelajaran Sketsa. Di pelajaran ini saya dan temen-temen diajari membuat sketsa mulai dari yang sederhana (gambar bulat dan kotak) sampai yang menarik dilihat (manusia, hewan, pemandangan). Pelajaran Sketsa ini satu tahun penuh dilatih mensketsa objek-objek di sekitar kita mulai dari benda mati sambai makhluq hidup. Memang satu minggu sekali pelajarannya, tapi setelah pelajaran itu selalu ada PR untuk dikerjakan dirumah dan jumlahnya tidak sedikit, tidak jarang banyak teman saya yang PR’nya belum sampai terselesaikan ketika akan dikumpulkan. Di akhir semester baik genap maupun ganjil, seluruh tugas sketsa yang tadi terkumpul di kantor lab Animasi, dikembalikan lagi dan di beri tugas dijilid yang rapi dan dibawa pulang untuk referensi pembelajaran selanjutnya.
Yang kedua adalah pelajaran Prinsip Animasi, dipelajaran ini pertama kali saya dijelaskan 12 prinsip animasi yang masih sangat dasar. Ini sebagian prinsipnya :
1. Anticipation
2. Over laving
3. Arcs
4. Solid Drawing
5. Timing & Spacing
6. Squash & Stretch
7. Slow in Slow out
8. Secondary Action
9. Pose to Pose
10. Staging
11. Appeal
12. Exaggeraton, dll.
itu adalah sebagian dari prinsip animasi yang saya ketahui, sebenarnya masih banyak lagi. Ketika sudah mengerti semua prinsipnya, kemudian materinya ditambah keypose-keypose manusia jalan, lari, melompat, dsb. Mulai dari tampak depan, belakang, samping, ¾ perempat baik depan atau belakang.
Yang ketiga yaitu pelajaran Komputer Animasi. Dipelajaran ini pertama kali saya dkk diajarkan bagaimana mewarnai gambar yang discan dari software Photoshop. Karena jika diwarnai diphotoshop warnanya tidak sempurna, akhirnya kemudian kami diajarkan mewarnai yang lebih rapi lagi menggunakan software Corel Draw. Ketika mewarnai sudah bias, lalu kami diajarkan software Adobe Flash Player, yaitu software yang digunakan untuk membuat animasi pendek 2 Dimensi. Ketika 2 Dimensi dirasa sudah mahir, kemudian kami diajarkan software 3D Studio Max, yaitu software untuk membuat Modeling dan Animasi 3 Dimensi. 

Sampai disini dulu pengalaman saya dikelas X Animasi SMK Negeri 11 Surabaya, nanti saya lanjut lagi di artikel selanjutnya, thanks...!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar